Cara Kerja

Lebih fleksibel, aman dan nyaman mengajukan aplikasi pinjaman serta melakukan pendanaan melalui peer-to-peer lending.

Cara Kerja Peer to peer Lending


Familiar dengan situasi ini? — Seorang teman ingin meminjam kepada Anda tapi segan. Ia lalu memutuskan meminta bantuan kepada bank namun terkendala persyaratan yang rumit. Di sisi lain, Anda memiliki dana berlebih tapi enggan meminjamkan karena merasa waswas. Peer-to-peer lending (P2PL) ada untuk memecahkan masalah tersebut. Tanpa perantara bank atau lembaga finansial lainnya, P2PL merupakan praktik meminjam dan memberikan pinjaman secara online melalui sebuah wadah yang disebut marketplace.

Mengajukan pinjaman atau mendanai dengan orang lain yang bukan teman menjadi poin penting dari keberadaan kami. KasXpress akan membantu mengamankan hubungan antara peminjam dan pemberi pinjaman sehingga keduanya dapat sama-sama menikmati keuntungan, pinjaman berbunga kompetitif untuk peminjam dan bunga terbaik untuk pemberi pinjaman.

Definisi Resiko Pendanaan


Adalah kemungkinan terjadinya kerugian terhadap pendanaan yang dilakukan oleh Pemberi Pinjaman. Untuk itu, Pemberi Pinjaman dianjurkan untuk mempertimbangkan berbagai macam risiko yang diprediksi bisa terjadi sebelum memberikan pinjaman melalui platform KasXpress.

Walaupun kami KasXpress memiliki sistem credit-scoring yang akurat, dan hanya akan memberikan pinjaman kepada perorangan yang memiliki tingkat kelayakan kredit yang baik, namun risiko yang terkandung pada pendanaan tidak dapat sepenuhnya dihindarkan.

Dalam setiap kegiatan pendanaan, Pemberi Pinjaman selalu memiliki potensi kehilangan seluruh pendanaannya atau mendapati pembayaran pokok dan bunga yang akan diterima terpengaruh oleh beberapa hal. Untuk mengantisipasi resiko tersebut, Anda dapat mempelajari terlebih dahulu resiko-resiko berikut ini untuk kemudian menentukan langkah yang tepat dalam melakukan pendanaan.

Resiko Gagal Bayar


Dengan fasilitas pendanaan yang ditawarkan oleh saat ini yaitu sistem mitigasi risiko berupa credit-scoring, verifikasi, dan credit-grading yang lengkap sebagai layanan tanpa agunan, namun kemungkinan terjadinya gagal bayar oleh Borrower pada platform kami akan tetap ada. Level akurasi dari credit-scoring dan grading yang kami gunakan juga tidak dapat merefleksikan kondisi dan karakter kredit Borrower secara utuh. Selain itu, Borrower bisa mengalami gagal bayar karena kondisi di luar dugaan seperti sakit keras atau meninggal dunia.

Oleh karena itu, apabila Peminjam mengalami wanprestasi atau gagal bayar atas pinjamannya, KasXpress akan segera menginformasikan kepada Pemberi Pinjaman dan melakukan usaha-usaha penagihan kepada Peminjam sebagai komitmen kami untuk mendapatkan penyelesaian yang menguntungkan bagi semua pihak, terutama Pemberi Pinjaman.erikut ini untuk kemudian menentukan langkah yang tepat dalam melakukan pendanaan.